RSS

Malas Bangun Saat Pagi Mendung? Coba Cara Ini

15 Oct

VIVAlife – Merasa malas untuk bangun pagi saat cuaca mendung? Hal ini memang sering dialami banyak orang.

Apalagi, saat matahari juga malas-malasan bersinar. Suasana itu bakal sering ditemui belakangan ini. Tak dapat dipungkiri, sedikit banyak itu berpengaruh pada kondisi suasana hati di pagi hari. Pagi yang nyaman membuat malas bangun dan berangkat kerja.

Padahal, jam sudah menunjukkan pukul delapan pagi. Rasanya masih ingin bergelung di dalam selimut. Jika tak ingin terlambat ke kantor dan performa kerja menurun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. 

Mengutip laman Female First, delapan tips ini bisa dipraktekkan untuk mengusir kemalasan bangun di pagi yang mendung. Silahkan mencoba jika malas bangun pagi menjadi masalah Anda.

Jangan Tutup Tirai

Sinar matahari adalah alarm paling efektif untuk segera bangun. Biarkan sinar matahari, meski sedikit, masuk melalui jendela kamar. Untuk itu, sebaiknya tidak menggunakan tirai yang benar-benar tertutup. Tirai transparan atau vertical blind sudah cukup memberi ruang bagi sinar matahari untuk menerobos masuk.

Jaga Temperatur Ruangan

Konsistensi temperatur ruangan sangat penting. Normalnya, untuk temperatur untuk tidur di ruangan sekitar 18 derajat celcius. Suhu yang lebih tinggi akan membuat tidur tak nyenyak dan tak nyaman. Akibatnya, kelelahan saat harus bangun pagi hari. Jangan pula pasang temperatur yang terlalu rendah. Itu akan membuat Anda lebih memilih tetap bersembunyi di balik selimut.

Tidur Cukup

Mendapatkan tidur yang cukup tak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga membantu untuk lebih segar saat bangun di pagi hari. Tidur cukup bisa didapat dari ruangan yang mendukung. Pastikan kasur nyaman, udara tak pengap, sinar matahari bisa masuk, kebersihan terjaga, dan matikan semua peralatan elektronik yang bisa membuat tidur tak nyenyak.

Investasi Alarm

Jangan ragu berinvestasi untuk alarm. Itu sama artinya dengan Anda berinvestasi dalam performa kerja. Jika perlu, belilah alarm yang betul-betul canggih dan efektif membangunkan orang tidur. Bunyi-bunyi yang melengking tak masalah. Atau, alarm yang memiliki teknologi lampu menyerupai sinar matahari. Semakin Anda terganggu, semakin Anda bisa terbangun di pagi hari.

Tidur di waktu yang sama

Usahakan tidur dalam waktu yang sama setiap malam. Pasalnya, tubuh manusia memiliki alarm natural mereka sendiri. Jika ritme tidur dijaga tetap konsisten, keesokan pagi ia akan terbiasa bangun dengan mudahnya tanpa bantuan alarm atau sinar matahari.

Jangan Bermalas-malasan

Di akhir pekan, seringkali orang melebihkan waktu tidur dan tak merasa bersalah jika bangun lebih siang. Sebenarnya, itu merusak rutinitas alarm tubuh. Itu sebabnya orang sering bangun kesiangan di awal pekan. Tak ada salahnya bangun pagi, dan beraktivitas fisik seperti olah raga. Itu akan meningkatkan kebugaran tubuh dan membuatnya lebih segar untuk bangun pagi bahkan di hari mendung.

Aktivitas Fisik

Melakukan gerakan kecil olahraga sebelum tidur, itu tak hanya membantu tidur lebih nyenyak, tetapi juga bangun lebih pagi. Latihan aktivitas fisik sederhana, meski hanya berupa peregangan selama 20 menit, sudah berdampak positif bagi tubuh. Bangun tidur bisa lebih pagi, dan rasanya lebih segar serta berenergi.

Jauhi Kafein

Kebiasaan mengonsumsi kafein berpengaruh pada kualitas tidur. Seseorang akan tidur lebih lambat, dan bangun lebih lambat pula. Ini jelas tak efektif bagi para pekerja yang harus berada di kantor pagi hari. Belum lagi suasana mendung mendukung. Untuk mengatasinya, batasilah konsumsi kafein mulai sekarang. 

 
Leave a comment

Posted by on October 15, 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: