RSS

Efek Dahsyat Olahraga, Atasi Cemas

15 Oct

VIVAlife – Hampir semua orang pernah mengalami kecemasan. Baik karena masalah pekerjaan, problem keuangan, persoalan rumah tangga, atau yang lainnya. Sebuah penelitian baru pun mengungkap: 23 juta orang dewasa di Inggris mengalami gejala kecemasan sekali seminggu.
 
Penelitian yang dipublikasikan oleh Nuffield Health itu juga menyatakan bahwa rasa cemas merupakan indikator awal kesehatan mental yang buruk. Demikian seperti dikutipfemalefirst.
 
Untuk mengatasinya, banyak dokter memberikan resep obat antidepresan. Sebanyak 46 persen respondenn mengatakan hal ini. Padahal obat antidepresan tidak akan membantu mengatasi depresi lebih baik, dibandingkan olahraga. 
 
Hanya 1 persen responden penelitian yang mengatakan bahwa dokter memberikan rekomendasi olahraga sebagai cara untuk mengurangi gejala depresi.
Direktur medis dari Nuffield Health Dr Davina juga mengungkapkan bahwa aktivitas fisik jauh lebih berperan mengobati depresi.
 
“Obat-obatan seperti antidepresan terkadang menjadi persinggahan pertama untuk mengobati kecemasan. Namun, orang akan merespon secara berbeda, bahkan memberikan efek samping yang berbahaya.” 
 
Meski demikian Dr Davina menambahkan, Anda tak  perlu tiba-tiba melakukan banyak latihan olahraga untuk hasil signifikan. Mulai dari hal-hal kecil seperti berkebun atau aktivitas lainnya. Jika dilakukan secara teratur, hasilnya jauh lebih baik dibandingkan obat antidepresan.
 
Leave a comment

Posted by on October 15, 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: