RSS

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

26 Sep

Contoh Surat Lamaran Kerja,- Umumnya setiap orang menempuh bidang pendidikan sampai dengan tingkat teratas dengan tujuan suatu saat bisa mendapatkan pekerjaan yang baik sesuai dengan bidang yang diminatinya. Peluang pekerjaan akan selalu terbuka lebar bagi siapa saja yang bersungguh-sungguh untuk mendapatkannya. Bagi anda yang sekarang sudah merampungkan jenjang pendidikannya dan hendak mencari pekerjaan, persiapkan dahulu materi-materi yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dunia kerja.

Salah satu persiapan yang dibutuhkan untuk mendapatkan suatu pekerjaan adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja dinilai penting karena melalui surat lamaran kerja, calon perusahaan yang kita lamar tersebut akan mengetahui kualitas kepribadian kita. Setidaknya gambaran umum kualitas kepribadian dapat dilihat dari cara penulisan dan bahasa dalam surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja yang baik akan terlihat menarik dan terkesan profesional di mata perusahaan, sehingga akan menimbulkan daya tarik tersendiri bagi seorang Bos Perusahaan untuk memanggil anda.

Mengingat pentingnya surat lamaran kerja untuk menunjang sukses karir di dunia kerja maka kami ingin berbagi cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, terlebih dahulu perhatikan poin-poin berikut dalam membuat surat lamaran kerja:

Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

contoh surat lamaran kerja
Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

1. Data Pribadi
Isi surat lamaran kerja anda dengan data pribadi yang sebenar-benarnya, poin-point yang harus di masukkan pada daftar pribadi adalah:

  • Nama Lengkap
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Alamat
  • Telepon / No Ponsel
  • E-Mail (jika ada)
  • Status Perkawinan

2. Pendidikan
Data atau riwayat pendidikan ada dua macam, yang pertama Riwayat Pendidikan Formal dan yang kedua Riwayat Pendidikan Non-Formal. Pendidikan Formal mencakup: SD/SMP atau sederajat/SMA atau sederajat/Akademi/S1/S2 dll. Untuk pendidikan non-formal dapat diisi dengan kegiatas seperti kursus atau pelatihan yang pernah anda ikuti.

3. Pengalaman Kerja
Jika anda memiliki pengelaman kerja yang sangat banyak ada baiknya yang dicantumkan adalah pengalaman kerja yang menurut anda besar dan sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan anda masuki sekarang. Jangan pernah mengada-ada dalam mengisi pengalaman kerja, karena hal tersebut dapat berefek buruk jika si perusahaan mengetahui kemampuan anda yang sebenarnya melalui serangkaian tes yang dilakukan. Jika memang anda belum memiliki pengalaman kerja isilah dengan kemampuan yang anda miliki pada bidang pekerjaan yang akan anda geluti. Itu akan menjadi pertimbangan baik bagi perusahaan.

4. Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan
Lampiran surat lamaran kerja biasanya selalu disebutkan ketika ada pengumuman lowongan kerja. Namun jika tidak, umumnya lampiran berisi:

  • Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
  • Foto Copy Ijazah terakhir
  • Foto Copy sertifikat kursus/pelatihan
  • Pas Foto terbaru closeup
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter

Lampiran memiliki peran yang tidak kalah penting, dengan lampiran perusahaan semakin percaya pada kita selaku pelamar. Hal itu akan berefek baik bagi kita dalam memenangkan persaingan di antara para pelamar.
Itulah 4 poin penting yang harus diperhatikan ketika anda mengirimkan surat lamaran pekerjaan. Berikut kami sertakan contoh surat lamaran kerja yang baik agar bisa anda jadikan referensi dalam menyusun kata-kata di dalam surat lamaran pekerjaan anda:

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Tasikmalaya, 25 Agustus 2013
Kepada Yth,
Manager Personalia PT. Lintas Tasikmalaya
Jl. AH Nasution No. 331 Tasikmalaya, Jawa Barat

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Lintas Tasikmalaya, seperti yang terlampir di harian Pikiran Rakyat pada 10 Agustus 2013, dengan ini saya mengajukan diri untuk bergabung dalam Tim Marketing di PT. Lintas Tasikmalaya. Adapun biodata saya seperti berikut:

Nama : ……………………..
Tempat & tgl. Lahir : …………………..
Pendidikan Akhir : ………………….
Alamat : …………………
HP : ………………….
Email : ………………………
Status Perkawinan : ……………………..(single/nikah)

Saya senang bekerja serta dapat bekerja secara mandiri maupun dalam sebuah tim dengan sangat baik. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan:

1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.
5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
6. Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter

Besar harapan saya diberi kesempatan untuk mengikuti wawancara agar dapat menjelaskan dengan lebih mendalam mengenai profil dan skill yang saya miliki. Di samping data yang tercatat pada resume (daftar riwayat hidup), saya juga memiliki pengalaman yang cukup dalam tenaga marketing daan seorang pekerja keras.

Demikian surat lamaran ini saya lampirkan, atas perhatian dan bantuan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Sarip Usman

Contoh surat lamaran Kerja di atas dinilai sudah cukup memenuhi syarat-syarat membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Diharapkan dengan surat lamaran kerja yang baik dan benar bisa membantu anda diterima di perusahaan yang anda inginkan. Contoh Surat Lamaran Kerja ini semoga bermanfaat bagi anda.

 
Leave a comment

Posted by on September 26, 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: