RSS

Inilah Manfaat Tersimpan Dari Jambu Air

19 Sep

Informasi Kesehatan – Jambu air, semua orang Indonesia pasti mengenal buah segar yang satu ini. Pohon jambu air banyak ditanam di pekarangan atau halaman rumah. Bahkan di beberapa daerah, pohon jambu air ada di setiap rumah warga.
 
Ini tidak mengherankan mengingat jambu air memang berasal dari kawasan Asia Tenggara yang telah banyak dibudidayakan dalam berbagai varian. Jambu air bisa dimakan langsung atau digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan tertentu seperti rujak manis, campuran salad, manisan dan masih banyak lagi.
 
Varian Jambu Air
Berdasarkan ukurannya, jambu air terbagi dalam dua kelompok, yakni Syzgium quaeum (jambu air kecil) dan Syzgium samarangense (jambu air besar). Jambu air yang termasuk dalam Syzgium quaeum (jambu air kecil) adalah jambu air camplong, air kancing, mawar atau keraton, baron, lonceng, manalagi, dan masih banyak lagi.
 
Sedangkan yang termasuk dalam Syzgium samarangense (jambu air besar) antara lain jambu air lilin, air apel, cincalo, dan jambu air kaget. Dinamakan jambu air kaget karena kita tidak bisa menebak buah mana yang ada bijinya dan yang tidak. Bobot jambu air kaget sendiri bisa mencapai 100-150 gram per buahnya, sehingga jambu air jenis ini dimasukkan ke dalam kelompok Syzgium samarangense.
 
Kandungan Nutrisi Jambu Air
Berikut beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada jambu air (100 gram)
 
> Air 93gram
> Kalori 25Kkal
> Protein 0,6gram
> Karbohidrat 5,7gram
> Kalsium 29mg
> Besi 0,07mg
> Magnesium 5mg
> Fosfor 8mg
> Potasium 123mg
> Zinc 0,06mg
> Sodium
> Cu 0,016mg
> ?Mangan 0,029mg
> Vitamin C 22,3mg
> Thiamin 0,02mg
> Niacin 0,8mg
> Riboflavin 0,03mg
 
Manfaat Sehat Mengonsumsi Jambu Air
Selain kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, mengonsumsi jambu air juga berdampak positif bagi kesehatan, di antaranya:
 
> Cegah Dehidrasi
Jambu air memiliki kadar air yang cukup tinggi. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan air dalam setiap 100 gram jambu air bisa mencapai 93 persen sehingga efektif untuk mencegah dehidrasi. Kandungan air yang melimpah dan segar tersebut juga dapat membantu meningkatkan mood baik bagi siapa saja yang mengonsumsinya.
 
> Tingkatkan Kesuburan
Tidak ada yang menyangka jika buah yang satu ini juga baik untuk membantu meningkatkan kesuburan pria. Kandungan vitamin C dalam jambu air berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel sperma dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.
 
> Jaga Kesehatan Mata
Jambu air juga dilengkapi dengan vitamin A. Seperti kita ketahui bahwa vitamin A diperlukan mata agar tetap berfungsi optimal seiring bertambahnya usia, serta menambah imunitas tubuh dengan mendongkrak kinerja sel darah putih atau leukosit yang disebut antibodi serta antivirus. Mengonsumsi jambu air juga baik untuk mengatasi mata lelah akibat bekerja terlalu lama di depan layar komputer.
 
> Cegah Diare
Menurut PK Warrier dari Universitas Purdue, ekstrak biji jambu air dapat digunakan untuk mencegah diare. Bahkan di India, ramuan bunga jambu air sering digunakan sebagai obat penurun panas dan demam pada anak-anak.
 
So, rajin-rajinlah mengonsumsi jambu air dari sekarang. 

 

 
Leave a comment

Posted by on September 19, 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: