RSS

Jokowi Capres, Mega Tak Bisa Lawan Kehendak Kader

08 Sep

TEMPO.CO, Jakarta – Pengamat Politik Syamsuddin Haris menilai Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak bisa lagi melawan kehendak para kadernya yang menginginkan Joko Widodo mewakili partai untuk bertarung pada pemilihan presiden 2014.

 

“Dia (Megawati) juga tak bisa melawan aspirasi publik yang terkonfirmasi pada hasil survei elektabilitas,” kata Haris saat dihubungi tempo, Jumat 6 September 2013.

 

Sejauh ini, kader partai banteng moncong putih dengan elektabilitas tertinggi adalah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Tingkat keterpilihan mantan Wali Kota Solo itu jauh melebihi calon presiden lainnya, seperti Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia RayaPrabowo Subianto, bahkan Megawati.

 

Namun demikian, menurut Haris, Megawati sebenarnya memahami kemauan publik agar dapat menyampaikan pernyataan lebih tegas soal positif tidaknya Jokowi menjadi capres dalam Rakernas PDIP.

 

Tetapi putri Presiden Soekarno itu memilih kalimat yang tersirat untuk menjaga posisinya agar tetap netral. “Megawati memakai bahasa sinyal karena itu zona nyaman. Peta politik bisa berubah-ubah,” katanya.

 

ALI AKHMAD

 
Leave a comment

Posted by on September 8, 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: