RSS

12 Kegunaan Cuka Sebagai Pembersih

26 Apr

Rumah bersih pasti idaman semua orang. Nah, tahukah Anda bahwa di dapur terdapat pembersih yang lebih ramah lingkungan ketimbang pembersih yang dijual di toko? Ya, cuka putih dapat berfungsi sebagai pembersih tiada dua yang murah dan tidak mengandung racun.

Berikut ini 12 kegunaan cuka untuk membersihkan rumah:

1. Pembersih wastafel, bak dan lantai. Campurkan seperempat cangkir baking soda, satu sendok makan sabun cair, dan cuka secukupnya. Anda pun memiliki bahan pengganti pembersih kimia.

2. Pembersih meja. Tuangkan cuka putih pada sehelai kain lap lalu gunakan supaya meja lebih segar.

3. Di dalam cucian. Tambahkan seperempat cangkir cuka ke dalam cucian Anda. Selain melembutkan kain, cuka juga akan menghilangkan noda membandel.

4. Pembersih jendela. Campurkan cuka dengan air dalam botol semprot, dan gunakan untuk membersihkan jendela dan kaca rumah.

5. Pembersih gusi. Panaskan cuka putih, letakkan diatas gusi anda, dan lihatlah hasilnya.

6. Penghilang noda pada kayu. Campurkan cuka dan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama, dan gosokkan dengan kain di atas kayu. Lihatlah, nodanya telah hilang.

7. Pembersih karat. Rendamlah alat yang berkarat di dalam cairan cuka selama satu malam, namun pastikan Anda membilasnya bersih di pagi hari, agar cuka tidak bikin logam berkarat.

8. Pembersih mesin kopi. Tuangkan cuka ke dalam pembuat kopi, campur dengan air dan biarkan bekerja dengan baik. Cairan itu akan menghilangkan kerak kapur dan membuat kopi Anda terasa lebih segar.

9. Pembersih saluran air: Apakah Anda merasa saluran air berbau? Tuangkan secangkir baking soda dengan cuka putih panas. Biarkan selama beberapa menit, dan larutkan dalam air. Lalu tuangkan ke saluran air.

10. Pembersih microwave. Campurkan cuka dan air ke dalam piring, masukkan ke dalam microwave, lalu biarkan mendidih di dalam. Biarkan uap cuka bekerja secara ajaib, kemudian bersihkanlah.

11. Pembersih pintu oven. Sapukan cuka putih di seluruh bagian dalam pintu oven, kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bersihkanlah. Penggunaan cuka sebagai pembersih ini dapat mengurangi penggunaan sabun dan lainnya.

12. Pembersih gelas. Semprotkan cuka ke dalam gelas anggur, diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air panas, dan biarkan mengering.

 
Leave a comment

Posted by on April 26, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: