RSS

Facebook “Ancam” FourSquare

19 Aug

VIVAnews – Popularitas layanan berbasis lokasi (location-based service), seperti Gowalla dan Foursquare, semakin menjamur. Tak mau kalah, Facebook pun menambah fitur baru dengan fungsi serupa bertajuk Facebook Places.

Sama halnya dengan Foursquare, Facebook Places memungkinkan pengguna Facebook untuk saling berbagi informasi seputar lokasi yang dikunjunginya.

Menurut product manager Places Michael Eyal Sharon, Facebook Places merupakan antisipasi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan layanan berbasis lokasi yang semakin menjamur, terutama seiring membesarnya jumlah pengguna smartphone di dunia yang telah dilengkapi kemampuan pelacakan posisi via satelit.

“Mulai hari ini, Anda dapat langsung memberi tahu teman-teman di Facebook tentang spot atau tempat menarik via Facebook Places,” kata Sharon.

“Anda bisa saling berbagi informasi di mana Anda dan teman Anda berada secara real-time cukup dengan perangkat ponsel,” tandasnya, seperti dikutip Emirates247.com, Kamis 19 Agustus 2010.

Persis seperti Gowalla dan Foursquare, pengguna Facebook dapat “check-in” di restoran, bar, taman, dan tempat lainnya, kemudian membiarkan teman-temannya di jejaring sosial tahu di mana posisi Anda berada.

Aplikasi Places untuk iPhone telah dirilis sebelumnya. Kini, pengguna Facebook dengan smartphone yang dilengkapi browser Web, didukung dengan fitur geo-location dan HTML5 dapat menggunakan Places melalui website touch.facebook.com.

Sayangnya, layanan ini baru bisa dinikmati di Amerika Serikat saja. “Jika Anda tidak berada di AS, Anda hanya bisa melihat teman-teman Anda yang berada di AS. Sedangkan Anda (yang berada di luar AS) belum bisa check-in,” kata pendiri Facebook Mark Zuckerberg di sela peluncuran Places di kantor pusat Facebook, California Utara.

Namun, situs yang mengantungi pendapatan hingga US$800 juta (setara Rp7,2 triliun) pada tahun lalu itu berencana ekspansi layanan barunya tersebut ke seluruh dunia. Meski terdengar muluk, Zuckerberg berharap 500 juta pengguna Facebook dapat menikmati layanan barunya itu secara bertahap. Padahal, pengguna smartphone hingga saat ini baru mencapai 61,6 juta.

 
Leave a comment

Posted by on August 19, 2010 in information

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: