RSS

Meraih Umur Panjang dan Sehat

11 Aug

VIVAnews – Menjaga tubuh tetap sehat cukup dengan mengatur pola hidup yang lebih baik. Makan cukup, olahraga cukup, dan istirahat cukup sangat bermanfaat untuk kesehatan jangka panjang.

Berikut 5 pedoman meraih umur panjang dan sehat hingga usia senja:

1. Konsumsi buah dan sayur
Konsumsi ideal sembilan porsi buah dan sayur sehari. Tapi lima porsi buah dan sayur per hari sudah cukup untuk menjaga kesehatan Anda. Satu porsi setara dengan sepotong buah segar, satu/ dua cangkir buah potong, secangkir sayuran hijau mentah, atau satu/ dua cangkir sayuran yang dimasak, seperti brokoli.

“Lima porsi menyediakan berbagai antioksidan dan serat untuk mengurangi penyakit jantung dan risiko kanker dan menjaga berat badan,” kata Rosa Mo, RD, ahli nutrisi dari Universitas New Haven. Studi di Universitas Harvard juga mengungkap, konsumsi buah dan sayur yang cukup menurunkan risiko terserang stroke sebesar 31 persen.

Usahakan pula mengonsumsi sayur dan buah dengan warna yang berragam. Setidaknya tiga kelompok warna yang berbeda seperti hijau, oranye/ kuning, merah, putih, dan biru/ ungu. Pilihan warna beragam untuk memastikan Anda mendapatkan asupan banyak nutrisi.

2. Latihan Kardiovascular
Latihan kardio bisa berupa lari, aerobik, senam, dan fitnes. Idealnya dilakukan 30 menit per hari. Tapi 17 menit sehari sudah cukup. Jika Anda tipe orang sibuk, latihan bisa dibagi dalam beberapa segmen. Misal, satu segmen 10 menit sehingga dalam sehari melakukan latihan kardio dua atau tiga segmen.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, tingkatkan kecepatan latihan dengan ritme 30 sampai 60 detik selama latihan. Studi terbaru dari Brigham and Women’s Hospital di Boston mengungkap, latihan dua jam per minggu atau 17 menit setiap hari mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke hingga 27 persen pada wanita.

3. Tabir Surya
Wajah atau tubuh membutuhkan SPF 30 atau lebih tinggi untuk menjaga kesehatan kulit.  Tapi penggunaan SPF 15 sudah cukup untuk melindungi kulit tubuh dari paparan sinar matahari. Gunakan tabir surya sebelum pergi keluar rumah agar kulit terlindung dari sengatan sinar ultraviolet.

“Kebanyakan wanita tidak mengenakan tabir surya. Tapi penggunaan tabir surya dapat menurunkan risiko kanker kulit dan kerusakan kulit,” kata Doris Day, MD, dermatolog asal Manhattan.

4. Minum cukup
Idealnya seseorang minum delapan gelas air setiap hari agar terhindar dari dehidrasi. Selain air minum, cairan tubuh juga dapat diperoleh dari makanan mengandung air seperti buah dan sayur. Makanan membuat kadar air dalam tubuh naik sekitar 20 persen.

Studi National Academy of Sciences menyimpulkan bahwa wanita sehat membutuhkan rata-rata 11 gelas cairan untuk tubuh. Sementara wanita yang aktif yang tinggal di kawasan tropis atau panas, membutuhkan asupan air lebih banyak. Meminum air putih sebanyak 1,5 gelas sebelum makan sangat dianjurkan.

5. Tidur cukup
Idealnya seseorang harus tidur delapan jam setiap malam. Menurut Susan Zafarlotfi, Direktur Institute for Sleep-Wake Disorders Clinic Hackensack University Medical Center di New Jersey menyatakan, tidur kurang dari tujuh jam sehari bisa menyebabkan penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan obesitas.

Studi dari Case Western Reserve University mengungkap, dari sekitar 68.000 wanita usia menengah yang memiliki pola tidur kurang dari tujuh jam, memiliki risiko tinggi mengalami obesitas. Kurang tidur juga meningkatkan risiko terserang diabetes dan depresi. “Tidur kurang dari enam jam bahkan hanya beberapa malam sangat berbahaya buat kesehatan,” kata Zafarlotfi.

 
Leave a comment

Posted by on August 11, 2010 in health, information

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: