RSS

Menonton Pertandingan Olahraga pun Sehat

11 Aug

VIVAnews – Bukan hanya melakukan gerakan olahraga saja yang menyehatkan. Menonton latihan atau pertandingan olahraga ternyata berpengaruh positif terhadap kesehatan psikologis seseorang.

Fakta ini ditemukan oleh ahli fisiologi di University of Chicago. Mereka menyimpulkan bahwa menonton latihan dan aktivitas fisik seseorang membantu mempertajam kerja otak.

Dalam studi, para ilmuwan membandingkan aktivitas otak antara para pemain hoki, penggemar hoki dan orang-orang yang tidak antusias terhadap hoki. Mereka menemukan, bahwa membicarakan hoki meningkatkan aktivitas di zona otak.

Aktivitas otak ini bertanggung jawab untuk perencanaan serta tindakan fisik pada pemain hoki dan penggemar. Sementara tidak terdapat aktivitas di zona otak pada orang yang tidak menyukai olahraga ini.

Hasil penelitian ini terbilang unik karena menunjukkan bahwa otak mampu memberi perintah fisik kepada tubuh. Bahkan di saat seseorang tidak benar-benar sedang berolahraga. Aktivitas di otak terjadi cukup dengan menonton pertandingan di televisi atau di stadion.

Ahli fisiologi mengklaim bahwa temuan tersebut membawa perubahan dalam program latihan bagi profesi yang aktif secara fisik. Program dirancang bukan hanya untuk para atlet, tetapi juga bagi militer, pengawal, pemadam kebakaran dan profesi lainnya.

 
Leave a comment

Posted by on August 11, 2010 in health, information

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: