RSS

Mengenal & Ketahui Manfaat Air

11 Aug

VIVAnews – Semua manusia di dunia ini pasti membutuhkan air. Bisa dikatakan air adalah sumber kehidupan. Tapi sudahkah Anda mengetahui secara tepat apa manfaat air dan apa saja macam-macamnya?

Air itu sangat dibutuhkan untuk tubuh. Konon, dengan banyak mengosumsi air putih secara rutin dapat membuat tubuh kita selalu sehat. Dokter Parlindungan Siregar dari RSCM mengatakan bila sekarang ini banyak sekali macam-macam air yang ditawarkan. Tapi apakah air tersebut benar-benar bermanfaat untuk tubuh?

Untuk itu, mari kita berusaha untuk lebih mengenal macam-macam air dan juga manfaatnya. Berikut macam-macam air dan juga manfaat dari air:

– Electrolit water atau air elektrolit. Untuk anak usia satu tahun lebih baik jangan diberikan. Gunakan air ini jika dibutuhkan saja. Tapi air elektrolit ini baik utk mereka yang terserang diare.

– Air oksigen. Sesungguhnya air oksigen ini hanya untuk berguna untuk ikan yang memiliki insang yg dibutuhkan oleh paru-paru. Jadi sebenarnya untuk manusia mengosumsi air oksigen kurang cocok.

– Air hidrogen itu sangat baik untuk mereka yang sudah melakukan cangkok ginjal.

– Water fluoridation. Air ini baik utk mengobati gigi berlubang.

– Air teh bagus untuk ginjal. Sementara air putih bisa mencegah timbulnya batu ginjal jika dikonsumsi oleh orang yang tidak memiliki gangguan kesehatan.

Dokter Parlindungan Siregar menambahkan bila sampai saat ini belum ada bukti secara ilmiah bahwa air elektrolit, vitamin dan oksigen bermanfaat bagi tubuh kita. Dia menerangkan akan lebih baik bila kita rutin mengosumsi air putih untuk melancarkan sel-sel tubuh.

“Untuk takaran orang dewasa air putih baik dikonsumsi sebanyak dua sampai tiga liter sehari atau paling sedikit delapan gelas sehari,” tambahnya.

Tetapi, dokter tersebut juga mengingatkan bagi usia lanjut di atas 60 tahun berbeda dengan yang usianya lebih muda. Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, orang yang telah usia lanjut tidak boleh mengosumsi air terlalu banyak.

Paling banyak itu adalah satu setengah liter perhari karena 20 persen dari mereka yang sudah usia lanjut jika minum terlalu banyak bisa menyebabkan mudah lemah dan menurunkan kadar garam.

 
Leave a comment

Posted by on August 11, 2010 in health, information

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: