RSS

Cegah Pikun dengan Aerobik

11 Aug

VIVAnews – Aerobik telah lama dikenal bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan tubuh. Tetapi tidak banyak yang mengetahui bahwa aerobik berguna memperbaiki fungsi kognitif otak kiri yang mencegah kepikunan.

Sebuah studi dalam jurnal Archives of Neurology menyatakan bahwa melakukan aerobik dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan otak sehingga mencegah penuaan kemampuan berpikir.

Di usia setengah baya, manusia mulai terkena masalah memori. Melakukan aktivitas otak seperti berpikir membuat otak dan tubuh cepat lelah. Latihan fisik dapat memperlambat proses ini dan bahkan memperbaiki fungsi otak kembali seperti semula.

Berdasarkan studi tersebut, aktivitas fisik moderat seperti jalan cepat, joging dan berenang membantu mencegah masalah kepikunan dan penuaan otak.

Peneliti Laura Baker menyebutkan aerobik adalah cara yang efisien bagi  manula untuk mempertahankan kemampuan berpikir mereka. Olahraga aerobik intens selama beberapa bulan dapat meningkatkan konsentrasi, perhatian, dan kemampuan untuk mengingat beberapa hal sekaligus.

Mereka yang menderita gangguan kognitif ringan disarankan untuk menjaga mereka kemampuan berpikir dengan melakukan aerobik. Studi menemukan perempuan merespons pengaruh aerobik lebih baik daripada laki-laki.

 
Leave a comment

Posted by on August 11, 2010 in health, information

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: