RSS

“Beruntung, Saya Wakil Wikipedia Indonesia”

28 Jul

VIVAnews – Konferensi internasional Wikimania 2010 diadakan di Gdansk, Polandia, 9-11 Juli 2010. Indonesia diwakili Kartika Sari Henry — pemenang kompetisi menulis Wikipedia Bahasa Indonesia.

“Saya merasa  beruntung dan bangga dengan menyebut diri saya dari Wikipedia Indonesia,” tulis Kartika Sari Henry dalam suratnya kepada VIVAnews.

Diungkapkan dia, ada keuntungan yang dimiliki Wikipedia Indonesia dibandingkan Wikipedia bahasa lain.

“Pertama, kita beruntung memiliki bahasa persatuan, Bahasa Indonesia karena memudahkan dalam penyebaran pengetahuan melalui situs semacam Wikipedia,” tambah dia.

Kata Kartika, dia terkejut ketika mengetahui di India, penduduknya menulis Wikipedia dalam 23 bahasa.  “Tak semua orang dapat menguasai kesekian banyak bahasa itu.”

Kelebihan lain, tambah dia, huruf dan penulisannya menggunakan abjad Latin– bayangkan kesulitan yang dimiliki Jepang, China, Arab, dan India, misalnya, yang punya aksara tertentu.

“Indonesia juga memiliki Wikimedia Chapter Indonesia sebagai organisasi yang berupaya mendorong perkembangan pengetahuan dalam Bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa daerah di Indonesia.”

Diceritakan Kartika, banyak negara lain yang sedang memperjuangkan pembentukan Wikimedia Chapter di negaranya namun belum berhasil.

Misalnya, Nepal, Cina, Romania, India, dan bahkan Amerika Serikat hanya memiliki Wikimedia Chapter Regional New York City.

Saat ini, tambah dia, Wikipedia Indonesia memiliki 128.284 artikel  dengan pengguna aktif sebanyak ± 30 orang.

“Angka yang menggembirakan sekaligus menyedihkan. Menggembirakan karena hanya dengan ± 30 orang pengguna aktif dapat menulis artikel yang termasuk besar jumlahnya, namun menyedihkan apabila melihat jumlah penduduk Indonesia sebesar 230 juta jiwa, maka angka tersebut terlihat kecil sekali.”

Ada banyak sebab yang melatarbelakangi hal ini, salah satunya masih kurangnya ‘melek internet’ masyarakat Indonesia.

Menurut Kartika, segala hambatan itu bisa diatasi dengan cara memberdayakan pelajar.

“Pelajar merupakan bahan bakar dari Wikipedia. Oleh karena itu, menurut saya, pengembangan Wikipedia Bahasa Indonesia perlu melibatkan pelajar.”

****

Sebagai informasi, Wikipedia merupakan situs dengan peringkat ke-11 yang paling banyak dikunjungi di Indonesia (versi  Alexa), di mana sekitar 40 persen di antaranya dari arus pengunjung Indonesia singgahi yang menyinggahi situs Wikipedia Bahasa Inggris, dan 50 persen mengunjungi Wikipedia berbahasa Indonesia.

Wikipedia Bahasa Indonesia sendiri dirintis sejak bulan Mei 2003. Dalam waktu singkat, di awal tahun 2004, posisinya meroket ke peringkat 50 dunia, ditinjau dari banyaknya artikel. Kini posisinya bertengger di peringkat 25, naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu.

Selain Bahasa Indonesia, Wikipedia juga memiliki artikel Bahasa Jawa sebanyak 26.503 artikel, Bahasa Sunda sekitar 14.556 artikel, Banyumasan 3.162 artikel, Bahasa Aceh 1.150 artikel, Bahasa Bugis 216 artikel, dan Bahasa Melayu dengan 62.050 artikel.

 
Leave a comment

Posted by on July 28, 2010 in entertain, information

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: