RSS

Tips Memilih Komputer Bekas

21 Jul

Komputer sudah menjadi alat yang mempermudah pekerjaan terutama pekerjaan administratif, baik untuk tugas-tugas belajar maupun tugas-tugas pekerjaan/office. Untuk penggunaan perkantoran yang mempunyai budget besar tidak masalah untuk membeli komputer terbaru baru. Tetapi untuk small office atau penggunaan pribadi yang tidak membutuhkan resource yang besar tidak ada salahnya untuk menghemat biaya membeli “komputer second” atau komputer bekas, asal kita bisa pandai memilihnya dan mendapatkan toko komputer yang jujur dan bisa dipercaya.

Sebelum membeli komputer bekas, terlebih dahulu tetapkan tujuan utama fungsi komputer yang akan kita beli nantinya lebih banyak dipakai untuk apa?

  1. Apakah hanya sekedar membuat tulisan/mengetik dokumen, mengedit foto, film atau pekerjaan yang membutuhkan resource/sumber daya  yang besar. Semakin besar kebutuhan semakin besar spesifikasi yang harus kita penuhi.
    Untuk pemakaian normal untuk mendukung pekerjaan administrasi cukup menggunakan Pentium III pilih yang clock speednya maksimal misalnya PIII-933 Mhz, selisih harga clock speed diantara pentium III masih sedikit, tetapi selisih PIII dengan PIV lumayan besar.
    Minimal Memory RAM yang terpasang usahakan 512 MB, pilih Mainboard yang Slot memory RAMnya paling banyak,  Memory model SDRAM semakin sedikit dan harganya lebih mahal di bandingkan model DDR 2 atau DDR3. Pilih Hard Disk yang tingkat berisiknya paling minimal. Biasanya CPU model built Up/Branded second  lebih awet daripada model rakitan lokal, cuman sayangnya hardaware pendukungnya on Board sehingga terkadang jika mati salah satu komponennya harus mengganti seluruh Mainboardnya. Perlu kejelian lagi dalam meilih komputer Built up/Branded.
    Mainboard penting juga
  2. Lama Pemakaian Komputer. Komputer yang akan kita pakai hidupnya seberapa lama, apakah 24 jam non stop seperti untuk server, atau hanya dipakai seperlunya saja? biasanya kelemahan komputer bekas adalah masalah power suply-nya. Pilih komputer bekas yang suara power suplynya tidak berisik, perhatikan juga banyaknya kotoran yang menempel pada kipas pendingin catu daya tersebut, pilih yang paling bersih juga pilih “watt” nya yang didukung yang paling besar
  3. Investasi lebihnya bisa anda pilih Monitor LCD baru yang semakin murah, tidak harus merk mahal tetapi bisa merk menengah dengan garansi yang lebih lama

Pengalaman adalah Guru yang paling baik, semakin anda banyak  bertanya kepada  penjual di toko komputer anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih banyak mengenai spesifikasi komputer yang akan anda beli.

Untuk pengalaman membeli komputer bekas di jogja yang pernah kami alami, kami rekomendasikan toko komputer :
Adhi Komputer
Jl Bima 146, Ngestiharjo, Kasihan
YOGYAKARTA 55182
Phone : 0274-514556, 0274-488293
Sebelah timur Kampus Fakultas Ekonomi Univ. Janabadra Timoho

 
Leave a comment

Posted by on July 21, 2010 in information, teknologi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: