RSS

Katrid Ori dan Refill

21 Jul

Membeli Printer kadang-kadang dibingungkan sejak awal pemilihan merek vendor, harga maupun kualitas dan fasilitasnya, juga sebenarnya yang tidak kalah penting adalah dengan pasca belinya terutama masalah isi/ganti ulang katrid ori, kompatible atau malah tinta suntik/infus.

Masing-masing vendor biasanya membagi harga dan kualitas dengan segmentasi tertentu misalnya Pelajar/Mahasiswa, SOHO
(Small Office Home Office), Profesional, sampai perusahaan kelas atas. Tentunya disesuaikan dengan budget anggaran yang tersedia untuk masalah pencetakan.

Untuk kalangan pelajar/mahasiswa tertentu masih ada juga yang mengandalkan print rental yang sebenarnya haraganya juga terjangkau untuk pencetakan yang sifatnya hanya untuk mengejakan tugas-tugas sporadis dari Guru atau dosennya.

Untuk kali ini kita coba sharingkan pengalaman menggunakan katrid ori dan katrid yang di refill/ diisi ulang menggunakan cairan tinta pihak ketiga. Menggunakan katrid ori tentunya akan mendapatkan hasil pencetakan dengan kualitas maksimal dan bahkan ada jaminan usia keawetan dokumen-dokumen penting sampai puluhan tahun. Jadi kalau tujuan pencetakan kita pakai untuk dokumen-dokumen penting dan ingin tahan lama, maka mau tidak mau kita harus menggunakan tinta katrid ori bawaan vendor masing-masing printer.

Tetapi kendala penggunaan Katrid ori adalah di masalah harga, terkadang harga katrib ori hampir separuh dari total pembelian printer baru, sehingga banyak user yang akhirnya menggunakan alternatif penggunaan katrid refill atau isi ulang tentunya dengan kualitas yang tidak sama (bahkan lebih jelek) dibandingkan dengan kualitas katrid asli/ori. Tentunya kita bisa mencoba beberapa merk yang sudah terbukti bisa diandalkan untuk hal pengisian ulang tinta tersebut. Salah dalam menentukan cairan kompatible dengan katrid tinta ori bisa membuat umur pakai katrid refill tersebut menjadi lebih pendek walaupun hasil akhirnya juga lebih murah jika kita membeli katrib ori yang baru.

Sekedar sharing, untuk menghemat budget pembelian katrid ori printer kami Printer HP PSC 1410 All In One dengan mengadalkan isi ulang menggunakan tinta refill. Kami mengandalkan Seri printer HP PSC 1410 All in One bisa membantu mengerjakan tugas pencetakan B/W, Color, Scanning dan juga bisa sebagai mesin pengganda dokumen/Foto copy B/W atau fotocopy Color jadi sangat powerfull bagi kami. Denga kualitas pencetakan kami anggap paling baik dibandingkan dengan seri sejenis dengan merk vendor yang lain.

Yang agak kami sayangkan adalah masalah pembelian katrid ori, dipasaran saat ini katrid ori yang khusus tinta hitam HP 21 harusnya bisa mencetak hingga 190 halaman, tetapi pengalaman membeli 2 kali katrid ori di 2 toko yang berbeda setelah kami check teryata keduanya termasuk katrid ori yang Intro, saya tanya sana tanya sini, katrid intro adalah bawaan asli dari printer, dan isinya ada sekatnya sehingga tidak bisa mencetak sebanyak kaytrid ori yang full tank.

Disatu toko dijual dengan harga Rp. 175rb disatu toko lagi bisa dapat dengan harga Rp. 135rb, dan jika ditanya customer service toko tersebut keduanya tidak bisa menjelaskan apakah katrid yang kita beli termasuk intro atau bukan, Sehingga setelah kita pakai dengan intensitas yang tinggi, tidak sampai 1 minggu kemudian tintanya sudah habis, jika harus membeli katrid ori kembali dengan harga termurahpun 130 rb kurang ekonomis untuk usaha rental printing.

Sehingga kami mengandalkan tinta refill/isi ulang pihak ketiga yang reputasinya bisa diandalkan. kami akui walaupun hasilnya tidak bisa sama 100% degan tinta asli/ori tetapi tidak juga jelek-jelek amat 80-90% dri kualitas tinta asli. Dengan merefill/menyuntik sendiri yang sebenarnya sangat beresiko merusak katrid maupun keseluruhan dari printer itu sendiri akhirnya kami pilih untuk mencapai nili ekonomis rental printer. Sendainya saja vendor-vendor tersebut bisa memberikan tinta refil masing-masing sehingga memberikan nilai lebih bagi user printer yang bersangkutan. Mudah-mudahan kedepan memang ada seperti hal tersebut.

 
Leave a comment

Posted by on July 21, 2010 in information, teknologi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: