RSS

Mengapa Pekerja Kantor Hobi Ngemil

15 Jul

VIVAnews – Apakah meja kerja Anda sering tersaji camilan? Tanpa sadar, bekerja selama berjam-jam di depan komputer memang memunculkan keinginan kuat untuk mengonsumsi camilan manis, seperti cokelat dan biskuit.

Dalam Kongres Internasional tentang Obesitas di Stockholm, Swedia, sejumlah ahli mengatakan bahwa tekanan mental saat bekerja memicu perubahan kadar gula dalam darah hormon.

Kondisi tersebut akan ‘mengelabuhi’ otak untuk berpikir bahwa tubuh membutuhkan banyak kalori menggantikan tenaga yang dipakai bekerja keras. Menonton televisi juga memiliki efek yang sama.

Kesimpulan itu berdasar penelitian yang dilakukan Jean-Philippe Chaput dari Universitas Copenhagen, Denmark. Chaput memulai penelitian setelah melihat para pekerja secara teratur mengudap biskuit cokelat ketika melakukan pekerjaan dengan komputer.

Chaput  meminta salah satu kelompok siswa perempuan untuk melakukan pekerjaan dengan komputer. Sedangkan kelompok lain diminta bersantai selama 45 menit.

Hasilnya, melakukan tugas-tugas berbasis komputer memang berhasil membakar kalori tiga kali lebih banyak daripada hanya berdiam diri. Namun, aktivitas itu berpotensi memunculkan hasrat makan yang luar biasa setelahnya. Faktanya, pekerjaan itu justru menambah ekstra kalori sebesar 230.

Aktivitas di depan komputer membuat seseorang makan lebih banyak. Oleh karenanya, pekerja kantor yang ingin tetap langsing harus menyisihkan waktu beristirahat di sela-sela aktivitasnya di depan komputer.

 
Leave a comment

Posted by on July 15, 2010 in information, knowledges

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: