RSS

Cruyff: Belanda Kalah Karena Vulgar dan Kotor!

14 Jul

Semua pendukung Belanda sedih karena tim nasional mereka lagi-lagi gagal merebut gelar juara dunia. Di tiga kali kesempatan, The Oranje takluk di tangan Jerman Barat (1974), Argentina (1978), dan Spanyol (2010). Tapi teryata tidak semua orang Belanda yang sedih. Setidaknya legenda Belanda; Johan Cruyff.

Cruyff malah mengecam permainan tim nasionalnya yang kalah 0-1 dari Spanyol pada final Piala Dunia 2010, Senin dini hari kemari. Sebelum partai final, Cruyff yang mengantar Belanda lolos ke final Piala Dunia 1974, memang sudah mengkritik keras gaya permainan yang diterapkan pelatih Bert van Marwijk. Menurutnya, Belanda kehilangan keindahaan Total Football yang sudah menjadi trademarknya. Ia bahkan lebih menjagokan Spanyol yang dinilai tampil lebih cantik menjadi juara.

Ketikan itu kian tajam setelah Belanda kalah dengan penampilan kasar di final. “Sangat menyedihkan, mereka bermain kotor dan layak bermain dengan sembilan pemain sangat awal. Ada dua takling yang sangat kotor dan itu menyakiti saya melihatnya,” kata Cruyff.

“Sungguh menyakitkan saya karena Belanda memilih bermain dengan cara yang buruk untuk mencoba memenangkan gelar. Gaya ini sangat tidak hubungannya dengan sepakbola yang benar,” tambahnya.

Cruyff, 63 tahun, adalah pemain Belanda terbesar sepanjang masa. Ia dinilai sebagai satu dari tiga pemain terbesar di dunia bersama Pele (Brasil) dan Maradona (Argentina). Ia menilai Belanda bermain keras karena takut kalah kelas dari Spanyol. Menurutnya, duet gelandang Mark van Bommel dan Nigel de Jong beruntung tak mendapat kartu merah karena pelanggaran kerasnya.

“Belanda tidak ingin bermain. Pada hari Kamis mereka meminta saya ‘dapat kita menang bermain seperti Inter Milan? Bisakah kita menghentikan Spanyol dengan cara yang sama (pelatih Inter Milan) Jose Mourinho menghentikan Barca?” kata Cruyff bercerita.

“Aku bilang tidak karena saya membenci gaya ini dan karena saya pikir pemain Belanda tidak akan berani meninggalkan gaya mereka bermain. Ternyata saya salah,” katanya.

 
Leave a comment

Posted by on July 14, 2010 in hobby, sport, information

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: