RSS

Kiat Hadapi Rekan Kerja Menjengkelkan

08 Jul

VIVAnews – Bagaimana karakter rekan-rekan kerja Anda? Mungkin tidak semua baik dan menyenangkan. Biasanya di suatu tempat, di mana pun kita berada, selalu saja ada orang yang perilakunya menjengkelkan dan bikin bête. Kalau kita tidak menjadi korban, mungkin tidak masalah. Tapi bagaimana kalau kita yang menjadi sasaran?

Banyak ragam perilaku menjengkelkan di kantor. Mulai dari suka mencari muka kepada atasan, senang mengadu domba, senang memanfaatkan demi kepentingan pribadi, dan sebagainya. Menghadapi orang-orang seperti ini memang tidak mudah, karenanya agar keberadaan orang-orang ini tidak mengganggu kita sehingga kita tetap nyaman bekerja, berikut tipsnya;

• Memahami alasannya

Banyak faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter seseorang. Selain sifat dasar yang diberikan Tuhan sejak lahir, kondisi keluarga dan lingkungan juga sangat berperan besar dalam pembentukan tersebut.

Karenanya berusahalah memahami alasan kenapa si individu bisa berprilaku demikian. Tidak jarang mereka yang suka mencari perhatian biasanya karena sejak kecil memang kurang diperhatikan keluarga maupun lingkungan. Orang-orang seperti ini ‘haus’ perhatian maupun perhargaan. Jika memahami hal ini, kita cenderung untuk berempati terhadap dirinya.

• Anda bebas bereaksi

Salah satu ciri seseorang dianggap dewasa apabila ia mampu mengendalikan diri dan emosi ketika menghadapi sebuah masalah. Kekuatan ini lahir dari mereka yang sudah memiliki prinsip dan menemukan nilai-nilai dalam hidupnya.

Oleh karenanya mereka bebas memilih respon dari setiap stimulus yang datang dari luar dirinya. Sama halnya dalam menghadapi rekan kerja menjengkelkan, Anda bebas untuk memilih respon. Entah itu, mau ikut marah, diam atau bahkan berterima kasih karena belajar sesuatu dari kejadian tersebut. Tidak jarang mereka yang sudah bebas ini dapat tersenyum ketika ‘cobaan’ datang padanya.

Selamat mencoba, karena hasil akhir yang berkualitas dimulai dengan implementasi yang berkualitas (Quality Implementation /QI).

Diasuh oleh:

Kevin Wu, Managing Director CoreAction Result Consulting, telah membantu beberapa perusahaan di tanah air melipatgandakan hasil hanya dalam waktu yang relatif singkat dengan metode management yang simple dan aplikatif. Tidak berlebihan jika banyak pihak yang menyebutnya sebagai “Result Consultant”.

Info lebih lengkap silahkan klik http://www.thecoreaction.com, http://www.qi-leadership.com atau email info@thecoreaction.com

 
Leave a comment

Posted by on July 8, 2010 in information

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: