RSS

Sesendok Gula Bantu Redakan Stres

07 Jul

VIVAnews – Masukkan sesendok gula dalam sajian teh hangat Anda untuk meredakan stres. Minuman manis bermanfaat mengurangi tingkat agresivitas dan menstabilkan emosi seseorang.

Seperti dikutip dari Daily Mail, kandungan gula dalam minuman hangat berperan memompa energi ke otak sehingga emosi selalu terjaga. Oleh karenanya, sangat disarankan mengonsumsi minuman manis sebelum bertemu bos yang sulit, agar tenang.

Efek penenang pada gula ini diuji oleh para psikolog dari Universitas New South Wales dan Queensland, Australia. Mereka melakukan penelitian terhadap sejumlah responden pria dan wanita. Sebagian responden diberikan minuman limun dengan tambahan gula alami. Sisanya, limun dengan pemanis buatan.

Para responden kemudian ditempa dengan sejumlah tugas yang memicu stres yang harus dipresentasikan lewat pidato. Tak hanya itu, emosi mereka juga akan digoda dengan sejumlah komentar menyakitkan yang menyatakan bahwa isi pidato mereka membosankan dan mengecewakan.

Penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Experimental Social Psychology ini mengungkap, mereka yang mengonsumsi limun dengan gula alami tak terlalu terpancing dengan provokasi yang diciptakan tim peneliti. Sementara, mereka yang mengonsumsi limun dengan gula sintetis jauh lebih agresif.

Peneliti menyimpulkan, otak membutuhkan gula atau glukosa sebagai energi untuk mengendalikan kemampuan kontrol emosi dan tindakan. Dan, kebutuhan gula meningkat saat otak terprovokasi hal-hal yang memicu stres.

 
Leave a comment

Posted by on July 7, 2010 in health, information

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: