RSS

Ciri khas film Todd Phillips

06 Jul

Di film Road Trip, tokoh Beth masuk ke kamar mandi wanita untuk meminta nasihat dari teman-temannya yang sedang mandi; di film Old School, tokoh Frank ‘The Tank’ Ricard lari telanjang berkeliling kampus.

Tiga hal yang saya perhatikan menjadi ciri khas dari film-film komedi yang disutradarai oleh Todd Phillips: ada tokoh yang terlihat sangat bodoh atau canggung, lalu ada salah satu pemeran, entah itu pemeran utama atau pemeran pembantu, yang muncul telanjang di layar, dan yang terakhir adalah elemen cerita yang berhubungan dengan kehidupan kampus atau sekolah.

Dari empat film karya Todd Phillips yang pernah saya tonton, yaitu Road Trip (tahun 2000), Old School (tahun 2003), Starsky & Hutch (tahun 2004) dan yang terakhir The Hangover (tahun 2009), selalu ada tiga hal tersebut muncul di dalam film. Di film Road Trip, yang menceritakan tentang kehidupan kampus, tokoh Beth (diperankan oleh Amy Smart) masuk ke kamar mandi wanita di kampus untuk meminta nasihat dari teman-temannya yang sedang mandi; di film Old School, tokoh Frank ‘The Tank’ Ricard (diperankan oleh Will Ferrel) saking mabuknya lalu lari telanjang berkeliling kampus; di film Starsky & Hutch, saat kedua detektif itu datang ke kampus untuk keperluan penyelidikan, mereka bertanya ke salah satu cheerleader yang bernama Heather (diperankan oleh Brande Roderick, model majalah Playboy) yang menjawab sambil membuka semua pakaiannya karena akan mandi; terakhir di film The Hangover, tokoh Leslie Chow (diperankan oleh Ken Jeong) sewaktu dikeluarkan dari bagasi mobil Mercedes, melompat keluar dalam kondisi tidak mengenakan pakaian sama sekali dan memukuli 3 tokoh utama film tersebut, dan akhirnya melarikan diri.

Todd Phillips sendiri suka masuk sebagai cameo di dalam filmnya, di Road Trip ia berada di dalam bis, di Old School dia bertamu dan mengetuk pintu, di The Hangover dia ada di dalam lift.
Untuk tokoh yang diperlihatkan bodoh atau canggung, di Road Trip adalah Barry Manilow (diperankan oleh Tom Green), yang diperlihatkan sampai menelan tikus yang seharusnya menjadi makanan ular boa peliharaan; di Old School lagi-lagi tokoh Frank ‘The Tank’ yang memerankan kebodohan ini; di Starsky & Hutch tokoh utama Starsky (diperankan oleh Ben Stiller) digambarkan suka membual namun sebenarnya merupakan polisi pemula (wannabe); di The Hangover, tokoh utama Alan Garner (diperankan oleh Zach Galifianakis) yang memegang peranan sebagai orang yang sulit bersosialisasi.

Soal kehidupan kampus ataupun sekolah, tampaknya memang ini menjadi ciri khas dari Todd Phillips. Salah satu film pertamanya adalah Frat House, dan ini bukan merupakan film komedi, melainkan film dokumenter, yang menceritakan kehidupan dalam asrama kampus. Film Road Trip sudah sangat jelas berdasarkan kehidupan mahasiswa; Old School bercerita tentang orang di umur 30-an yang kembali membuka sebuah fraternity house (asrama) di lingkungan kampus; dalam salah satu elemen cerita film Starsky & Hutch, kedua detektif mendatangi sebuah kampus untuk menanyai para cheerleaders; dan di The Hangover, salah satu tokoh utamanya, Phil Wenneck (diperankan oleh Bradley Cooper, juga bermain di film The A-Team) adalah seorang guru, dan cerita berpusat dari salah satu prank (keisengan) yang pernah dilakukan olehnya bersama tokoh utama lain sewaktu masih di kampus, Stu Price (diperankan oleh Ed Helms), yaitu mengunci kawannya di atap gedung.

Saya juga melihat kemiripan pembangunan karakter dalam film-film ini. Ada tokoh yang suka mengambil risiko, seperti Phil di The Hangover, Bernard ‘Beanie’ Campbell (diperankan oleh Vince Vaughn) di Old School, dan E.L. (diperankan oleh Sean William Scott) di film Road Trip. Lalu ada tokoh yang tidak suka mengambil risiko, selalu taat pada aturan ataupun penurut dan kurang percaya diri, namun sepanjang film karakter tersebut lambat laun berubah, dan di akhir film menjadi bertolak-belakang dari gambaran karakter tersebut di awal film; di Road Trip ini diwakili oleh tokoh Kyle Edwards (diperankan oleh DJ Qualls) yang awalnya selalu menurut pada ayahnya, di Old School diwakili oleh tokoh Mitch Martin (diperankan oleh Luke Wilson) yang kurang percaya diri, di The Hangover diwakili oleh Stu Price yang sangat takut oleh pacarnya yang sangat dominan.

Film Old School dan The Hangover keduanya mempunyai cerita berpusat pada tiga sahabat dengan tiga karakter yang sangat berbeda. Bisa dibilang The Hangover memiliki plot yang mirip dengan Old School, namun dengan alur cerita yang lebih alami (ini dibantu dengan premis bahwa 3 tokoh utama The Hangover sama sekali tidak ingat apa yang telah mereka lakukan di malam sebelumnya, sehingga banyak subplot yang sebenarnya sangat jauh berbeda bisa tergabung dalam satu alur cerita). Kesuksesan The Hangover sendiri bisa dilihat dari pemasukan kotor sebanyak 480 juta dolar dari seluruh dunia, terbesar untuk film komedi dewasa, sementara biaya pembuatannya hanya 35 juta dolar.

Mike Tyson, seorang petinju terkenal, yang muncul sebagai cameo dalam film The Hangover awalnya tidak tertarik untuk bermain dalam film tersebut, namun ketika mengetahui yang menyutradai film ini adalah Todd Phillips, dia mengubah pendiriannya, karena Mike Tyson merupakan penggemar film Old School. Todd Phillips sendiri suka masuk sebagai cameo di dalam filmnya, di Road Trip ia berada di dalam bis, di Old School dia bertamu dan mengetuk pintu, di The Hangover dia ada di dalam lift.

Tampaknya memang Todd Phillips ini adalah spesialis film komedi. Sekuel dari The Hangover sudah direncanakan akan difilmkan di tahun 2011, dan untuk tahun 2010 ini akan ditayangkan film komedi hasil karyanya lagi, yaitu Due Date, yang dibintangi oleh Robert Downey, Jr. (Iron Man), Zach Galifianakis yang juga bermain di The Hangover, Michelle Monaghan (bermain di film Eagle Eye bersama Shia LaBeouf) dan Jamie Foxx (Collateral, Miami Vice). Melihat track record dari Todd Phillips, besar harapan film Due Date ini akan meraup sukses seperti The Hangover.

 
Leave a comment

Posted by on July 6, 2010 in entertain, information

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: