RSS

Sneijder Antar Belanda Ke Semi-Final

03 Jul

Belanda berhasil membukukan satu tempat di semi-final Piala Dunia 2010 setelah dalam pertandingan perempat-final di Stadion Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth, mengalahkan Brasil 2-1.

Sukses menempatkan diri di empat besar ini sekaligus membayar hasil pahit yang didapat Belanda pada Piala Dunia 1998 di Prancis. Ketika itu, Belanda tersingkir setelah dikalahkan melalui drama adu penalti.

Dalam pertandingan itu, Belanda mengambil inisiatif menyerang. Dirk Kuyt yang mendapatkan bola dari Robin van Persie tidak memberikan ancaman berarti bagi pertahanan Brasil di awal laga.

Brasil sempat mencetak gol lebih dulu ketika pertandingan baru berjalan delapan menit melalui Robinho usai menerima umpan dari Luis Fabiano. Namun gol dianulir wasit Yuichi Nishimura, karena striker tim Samba ini berada dalam posisi off-side.

Tapi gol Robinho hanya sebatas penundaan saja. Sebab dua menit berselang, Robinho yang menerima umpan dari Felipe Melo kembali menjebol gawang Belanda, dan kali ini tidak berada dalam posisi off-side.

Tertinggal gol cepat Brasil ini membuat kubu Belanda tersentak. Mereka berusaha mengejar ketertinggalan. Tendangan mendatar Kuyt bisa dimentahkan kiper Julio Cesar.

Brasil pun tidak memberikan kesempatan kepada Belanda untuk mengembangkan permainan. Selecao kembali melakukan tekanan ke pertahanan Belanda. Juan nyaris membawa Brasil unggul 2-0 pada menit ke-25, tapi tendangannya masih melebar dari mistar gawang.

Kiper Maarten Stekelenburg melakukan penyelamatan gemilang ketika ia menghalau bola dengan satu tangan untuk mencegah tendangan melengkung Kaka berbuah menjadi gol pada menit ke-32. Hingga babak pertama usai, Brasil masih unggul satu gol.

Di babak kedua, Belanda yang bernafsu menyamakan kedudukan menekan pertahanan Brasil. Serangan sporadis dilakukan tim Oranye. Upaya itu membuahkan hasil pada menit ke-54.

Berawal dari umpan silang dari sektor kanan, Julio Cesar yang berusaha meninju bola tidak mengenai sasaran. Melo yang di saat bersamaan ingin membuang bola justru mengarahkan si kulit bundar ke dalam gawang sendiri. Kedudukan pun menjadi imbang 1-1.

Gol itu melecut motivasi pemain Belanda. Sneijder sukses merobek jala Cesar melalui sundulan kepala setelah bola liar dari Kuyt diselesaikan dengan baik pada menit ke-67.

Upaya Brasil untuk menyamakan kedudukan semakin berat setelah harus bermain dengan sepuluh orang di menit ke-73, karena Melo diganjar kartu merah akibat perbuatan tidak terpujinya menginjak Arjen Robben.

Bahkan Belanda Nyaris dua kali menjebol gawang Brasil di sepuluh menit terakhir lewat Kuyt dan Sneijder. Namun peluang ini terbuang percuma. Hingga laga usai, skor 2-1 untuk kemenangan Belanda tetap bertahan.

 
Leave a comment

Posted by on July 3, 2010 in information

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: