RSS

Hadapi Kamerun, Jepang coba ofensif

14 Jun

Pelatih Jepang Takeshi Okada mewaspadai penyerang Kamerun, Samuel Eto’o, yang akan dihadapi di Grup E Piala Dunia 2010 di Stadion Free State, Bloemfontein, Afrika Selatan, Senin (14/6).

Eto’o, yang memegang ban kapten Kamerun, datang ke Piala Dunia 2010 dengan status pemain pertama yang bisa meraih tiga gelar juara dua kali beruntun di Eropa. Pertama kali dilakukannya bersama Barcelona pada 2009 dan bulan lalu bersama Inter Milan.

Pelatih Kamerun Paul Le Guen menyebut pemain berusia 29 tahun itu sebagai “ikon utama” timnya setelah menyumbang sembilan gol di masa kualifikasi.

Itu sebabnya Okada menilai Eto’o adalah pemain yang paling sering dibicarakan timnya meski ancaman Kamerun bukan hanya datang dari Eto’o seorang.

“Eto’o adalah pemain terpenting, tetapi Kamerun bukan hanya dia. Masih ada Achille Emana dan Pierre Webo yang cukup berbakat di lini depan,” tandas pelatih yang mengantar Jepang lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya pada 1998.

“Kami tak boleh memfokuskan diri pada Eto’o meski dia memancing kewaspadaan kami. Anak-anak sudah paham gaya bermainnya, namun kami tak akan menjaganya secara khusus. Kami akan bermain sebagai satu kesatuan,” imbuh Okada.

Kemungkinan besar Okada akan mengandalkan sayap kanan Daisuke Matsui guna menghentikan gerak bek sayap Benoit Assou-Ekotto maju ke depan sehingga lini depan Kamerun akan kesulitan mendapat pasokan bola silang.

Matsui akan dibantu oleh Yuichi Komano di bek kanan untuk mengisi posisi Yasuyuki Konno yang masih mengejar kebugaran fisik untuk bermain.

Yang pasti Okada tak akan menerapkan permainan defensif. “Kami harus proaktif, mengumpan dengan baik dan menjaga irama permainan.

“Kami akan menyerang karena gol selalu menjadi isu penting setiap tim. Entah itu dari tendangan bebas atau serangan balik, gol selalu menjadi sasaran,” pungkas Okada.

 
Leave a comment

Posted by on June 14, 2010 in information

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: