RSS

Kiwi, Buah Super Kaya Antioksidan

19 May

VIVAnews – Jika dilihat sepintas, buah kiwi memang mirip dengan sawo, buah asli Indonesia. Penampilannya dengan kulit cokelat dan berbulu, mungkin tidak terlihat begitu menarik. Tapi, di balik warna dan tampilannya yang tidak menarik, siapa sangka buah kiwi memiliki banyak manfaat.

Tak hanya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, buah yang awalnya dikenal sebagai ‘Chinese Goosberry’ ini juga memiliki kepadatan nutrisi yang tinggi dibanding buah-buah lainnya.

Berdasarkan data dari USDA Nutrient (Maret 2010), buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi dibanding pepaya, jeruk, mangga, nanas, pisang dan apel. Bagi orang dewasa, mengonsumsi dua buah kiwi sehari pun mampu mencukupi lebih dari kebutuhan harian vitamin C. Karena, keunggulan buah yang banyak tumbuh subur di tanah Selandia Baru ini memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih tinggi dibandingkan jeruk dengan perbandingan berat (gram) yang sama.

Seperti kita ketahui, vitamin C salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kesehatan. Ahli Nutrisi dan Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. Fiastuti Wijaksono, MS Sp.GK menjelaskan bahwa vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh dan berfungsi sebagai antioksidan.

“ Seluruh sel dan organ tubuh membutuhkan vitamin C yang tinggi agar bisa berfungsi optimal dan menjaga tubuh dari infeksi dan penyakit,” kata Fiastuti saat ditemui dalam acara ‘Zespri Kiwifruit Media Workshop’, di Bird Cage Restoran, Jakarta Selatan, Selasa, 18 Mei 2010.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Zespri Health Scinece Research juga menyatakan, vitamin C yang berasal dari buah kiwi memiliki keunggulan, yakni dapat diserap oleh jaringan tubuh lebih cepat. Tak hanya itu, Fiastuti pun menambahkan Vitamin C yang juga bersifat sebagai antioksidan juga mampu membantu mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi.

Seperti diketahui, proses oksidasi yang berasal dari asap rokok, polusi yang tinggi dan metabolisme yang rendah mampu mepercepat proses penuaan, penyebab penyakit kanker dan jantung.

Selain Vitamin C, buah kiwi juga terbukti memiliki kandungan antioksidan lainnya seperti mikronutrien dan vitamin E yang tinggi dibanding mangga, pepaya, jeruk, apel dan pisang. Buah yang kulitnya mirip dengan hewan bernama kiwi ini juga kaya akan kalium, asam folat, dan serat. “Di balik semua keunggulan kiwi, buah ini juga memiliki glycaemic index yang paling rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes,” kata Fiastuti menambahkan

 
Leave a comment

Posted by on May 19, 2010 in information

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: